Cara Budidaya Lele Kolam Terpal

Minat anak muda pada dunia pertanian dan peternakan jaman sekarang kian menurun. Padahal potensi usaha dalam bidang tersebut sangat menjanjikan. Menjadi seorang wirausaha tidak harus memiliki modal yang besar. Jika Anda punya tekad dan niat, maka tidak ada sesuatu yang tidak mungkin.

Budidaya ikan air tawar adalah peluang yang bisa Anda kembangkan khususnya budidaya ikan lele. Dengan modal pembuatan kolam terpal yang rata rata di pasaran dibandrol mulai harga 1 juta dan seterusnya.

Tergantung diameter dan luas kolam yang ingin Anda miliki. Bahkan ketahanannya pun hingga 4-5 tahun. Untuk masalah lahan pun Anda tidak membutuhkan lahan yang luas.

Cara Budidaya Lele Kolam Terpal Modal Irit Hasil Menggiurkan

Cara Budidaya Lele Kolam Terpal

Anda bisa memulainya dengan 1-2 kolam dan bisa ditempatkan di teras rumah Anda. Permintaan ikan lele saat ini semakin meningkat. Ini merupakan peluang emas bagi Anda yang ingin memanfaatkannya.

Secara global dihitung misalkan biaya pembuatan kolam 2 juta, biaya benih 500 ribu, biaya pakan perkilo adalah 9.500 dan kebutuhan pakan sekitar 400 kg dan obat obatan untuk ikan lele -+200 ribu. Jadi total biaya yang dikeluarkan untuk sekali produksi adalah 4.500.000.

Untuk harga jual ikan lele di pasaran sekitar 17.000 perkilo dengan estimasi hasil panen 500 kg untuk 2 kolam. Keuntungan yang Anda dapatkan dalam budidaya lele adalah 8.500.000 dan umur panen dalam sekali budidaya sekitar 2 bulan. Dari modal yang dikeluarkan dan hasil yang didapatkan maka keuntungan sekali panen adalah 4 juta.

Apalagi jika Anda bisa menambah jumlah kolam terpalnya, maka keuntungan yang didapatkan pasti akan lebih besar. Bagi para pemuda, sangat disarankan untuk memulai usaha ternak ikan lele di kolam terpal ini. Mudah, murah dan kita bisa menyelamatkan generasi muda yang saat ini mulai enggan bertani.

Cara Budidaya Lele Kolam Terpal Modal Kecil Hasil Melimpah

Untuk meminimalisir modal ada baiknya menggunakan media terpal

Budidaya ikan lele dikolam terpal yang sekarang ini menjadi favorit karena adanya beberapa keuntungan yang didapat karena pertimbangan lebih praktis, hemat, mudah dikontrol dan ringkas.

cara budidaya lele kolam terpal

KEUNTUNGAN BUDIDAYA DIKOLAM TERPAL :

  • Tidak memerlukan lahan kolam yang luas di sekitaran rumah pun bisa
  • Modal lebih ringan
  • Tidak terpengaruh oleh keadaan media / tanah
  • Mudah dalam pergantian air dan pengeringan
  • Sewaktu waktu bisa dipindah tempatkan
  • Pengontrolan penyakit lebih mudah
  • Perkembangan dan pertumbuhan dapat lebih terkontrol
  • Panen akan lebih mudah dan praktis

PANDUAN CARA BUDIDAYA LELE KOLAM TERPAL :

Baca Juga:

Cara Budidaya Jamur Tiram

Cara Budidaya Strobery Organik

Obat Terapi Penyakit Gagal Ginjal

Dalam membudidayakan lele di dalam kolam terpal harus disesuaikan dengan jumlah lele yang akan di budidayakan sehingga ketika pembesaran masih ada ruang untuk lele berkembang

Bahan dan alat alat pembuatan kolam :

Terpal sesuai jumlah populasi lele yang akan dibudidayakanKayu, bambu, batu bata, besi atau bahan penopang lainnya Untuk pengikat bisa pakai paku, kawat, tali atau bahan lainyaAlatnya seperti lem, palu atau emberDalam budidaya lele biasa digolongkan dalam 2 jenis :

A . Budidaya pembibitan

Yaitu usaha budidaya yang bertujuan untuk menjual lagi lele nya dalam bentuk bibit lele ke peternak lele lainnya.usaha ini sangat menjanjikan karena tidak memerlukan waktu yang lama untuk mencapai bibit berukuran 2 – 3 cm dibutuhkan waktu 1 bulan dan ukuran 5 – 7 meter dibutuhkan waktu 2 bulan.

B . Budidaya konsumsi

Yaitu usaha budidaya yang bertujuan untuk dijadikan konsumsi.artinya budidaya yang dilakukan untuk pembesaran lele hingga besar dan proposional untuk dijadikan konsumsi.untuk mempercepat hasil yang bagus sebaiknya pilihlah bibit lele yang berukuran 6 – 7 cm karena bibit sudah bisa beradaptasi dengan lingkungan dan biasanya budidaya ini dibutuhkan waktu 3 – 4 bulan untuk mencapai berat yang diinginkan berkisaran 8-10 ekor per kilogram.

peluang usaha budidaya lele kolam terpal

CARA BUDIDAYA LELE KOLAM TERPAL

Dalam menjalankan budidaya lele dikolam kita harus mengetahui beberapa tahapan dan keahlian yang bisa kita pelajari agar usaha ini mendapatkan hasil yang maksimal. biasanya ada beberapa hal yang menjadi kendala yang perlu kita hindari antara lain:

  1. Adanya hama penyakit yang tidak control sejak awal budidaya
  2. Terburu buru dalam pemberian pakan yang bertujuan agar lele cepat besar
  3. Tidak dilakukan penambahan / penggantian air
  4. Tidak dilakukan pemisahan antara yang besar dan kecil

Budidaya Lele Kolam Terpal Dengan Teklonogi Organik NASA

PT NATURAL NUSANTARA ( NASA ) dalam hal ini berupaya memberikan solusi yang tepat agar budidaya lele dalam terpal ini bisa meningkat maka menciptakan produk berupa yang ramah lingkungan berupa TON (Tambak Organik Nusantara) yang khusus perikanan. TON bisa diaplikasikan untuk kolam media semen, terpal, tong, bak maupun media tanah.

Manfaat TON untuk perikanan antara lain : menciptakan ekosistem yang alami, mampu membantu mengurai senyawa beracun,membantu pertumbuhan ikan dengan cepat sesuai target berat yang diinginkan, membantu menyediakan suplay oksigen terlarut dalam air sehingga kolam menjadi sehat serta membantu bertumbuhnya plankton sebagi pakan alami ikan

Pemakaian TON pada tahap awal sebelum diisi ikan dengan cara 2 sendok makan TON dicampurkan ke dalam air lalu campuran tersebut disemprotkan atau dipercik percikkan keseluruh lahan dan biarkan 3 sampai 4 hari lalu kolam tersebut diisi air sekitar 10 – 15 cm dan biarkan selama semingguan jika air sudah berwarna hijau dan terlihat ada semacam rambut terurai berarti proses pembentukan plankton telah berhasil bisa ditambahkan dengan air hingga kolam siap digunakan untuk budidaya.

untuk pemakaian berikutnya campuran 2 sendok makan TON ditambah air 10 liter dipercik percikan ke kolam idealnya seminggu sekali atau ketika kolam berbau menyengat.untuk mendapatkan hasil yang maksimal TON bisa dipadukan dengan VITERNA, POC NASA, HORMONIK dan TANGGUH PROBIOTIK.

Paket Budidaya Lele Dengan Teknologi Organik NASA

PAKET cara budidaya lele kolam terpal

Baca Manfaat & Harga Produk Perikanan PT NASA

Produk VITERNA PLUS

Produk TON (Tambak Organik NASA)

Produk POC NASA

Produk HORMONIK

Produk TANGGUH Pobiotik

Adapun cara pemakain VITERNA, POC NASA, HORMONIK dan TANGGUH PROBIOTIK sebagai berikut :

VITERNA, POC NASA dan HORMONIK dicampurkan dalam satu botol ambil 1 tutup botol dan dicampurkan dengan air secukupnya dan disemprotkan dengan pakan pellet 2,5 kg lalu diangin keringkan biar campuran tersebut meresap sebelum pakan diberikan.

TANGGUH PROBIOTIK bisa dicampurkan saat pemberian TON dilakukan. Dengan pengetahuan dan modal secukupnya kita bisa memulai budidaya lele didalam kolam terpal dengan didukung vitamin atau suplemen yang tepat.

Bagikan infomasi Cara Budidaya Lele Kolam Terpal agar bermanfaat bagi saudara atau teman kita yang membutuhkan

Tinggalkan Balasan

Alamat email anda tidak akan dipublikasikan. Required fields are marked *